Rapat Video Conference dengan Kepala LLDIKTI Wilayah XIV Tema Pembahasan Perkembangan Pendidikan Selama Masa Covid-19

unaim yapis wamena

Rapat video conference yang dilaksanakan pada hari Senin tanggal 18 Mei 2020 Pukul 09.00-11.00 WIT di kampus sementara Universitas amal Ilmiah Yapis Wamena. Rapat ini di bawakan oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XIV Papua Dr. Suriel S. Mofu, S.Pd.,M.Ed.TEFL.,M.Phil (Oxon) sebagai moderator. LLDIKTI Wilayah XIV Papua terdiri dari Daerah Serui, Nabire, Biak, Merauke, Wamena, Timika, dan Jayapura. Adapun peserta yang mengikuti rapat tersebut ada 58 Participant yang terdiri dari Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Kepala Bagian dan program Studi.

Dalam rapat setiap perguruan tinggi diberikan kesempatan untuk mengeluarkan beberapa kendala  yang dialami dalam perkembangan Pendidikan di tiap perguruan tinggi dan hampir semua kendala dari perguruan tinggi itu sama yaitu pertama kendala jaringan dan mahasiswa yang sebagian belum mempunyai Hp android.

Dari data yang di miliki oleh Bapak Kepala LLDIKTI bahwa Mahasiswa yang mengikuti Kuliah Online hanya 2.500 Mahasiswa dari 7.000 Mahasiswa yang ada. Ada juga dari 6.000 Mahasiswa hanya 37.000 Mahasiswa yang kuliah dan yang sisanya tidak mengikuti kuliah karena alasan tidak mempunyai biaya.

Adapun sedikit kendala dan masukan dari Rektor Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena Bapak Dr. H. Rudihartono Ismail, M.Pd. yaitu, kampus Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena melakukan pengajaran dengan cara Blanded Learning yaitu perpaduan pengajaran antara online dan offline, adapun alat yang digunakan seperti Aplikasi WA, E-mail, dan Google Classroom.

Dari semua kendala yang dialami Perguruan Tinggi Bapak Kepala LLDIKTI memutuskan untuk membagi tugas di setiap Daerah Perguruan Tinggi untuk membuat dan membagikan kuisioner untuk mahasiswa dan dosen tentang efektivitasnya pembelajaran secara Online ini dengan harapan Bapak Kepala LLDIKTI meminta Data bukan Kata-kata.