Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) PTS di Lingkungan LLDIKTI Wilayah XIV untuk Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena

WhatsApp Image 2022-11-23 at 2.36.40 PM
Monitoring dan Evaluasi (MONEV) PTS di Lingkungan LLDIKTI Wilayah XIV untuk tempat pelaksanaan di Wamena berlangsung selama 3 (tiga) hari, yang dimulai dari tanggal 22 November 2022 sampai dengan 24 November 2022 di 4 (empat) Perguruan Tinggi Swasta yang terdaftar di Wamena, dan salah satunya Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena. Kegiatan Monev PTS yang selenggarakan di Una’im Yapis Wamena, dilaksanakan pada hari Rabu, 23 November 2022, pada pukul. 09.00 – 11.00 WIT, dan bertempat di Auditorium Anwaruddin, Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena. Pembukaan kegiatan Monev PTS LLDIKTI Wilayah XIV ini dibuka dengan serangkaian sambutan, diantaranya oleh Bapak Tiomy Butsianto Adi, SE., M.Si, selaku Wakil Rektor Una’im Yapis Wamena dan Bapak Yogi Murwanto selaku Ketua Tim Monev PTS LLDIKTI Wilayah XIV untuk Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena.

Dalam sambutannya, Pak Yogi menyampaikan apresiasinya yang luar biasa atas perkembangan dan kemajuan Una’im Yapis Wamena yang telah maju dengan begitu cepatnya sejak terakhir beliau datang ke Wamena pada 5 (lima) tahun yang lalu. Pak Yogi hadir didampingi oleh kedua rekan Tim nya yaitu, Bapak Yanes Faisal Rumakiek dan Bapak Elisa Simyapen selaku delegasi Tim Monev PTS LLDIKTI Wilayah XIV untuk Wamena. Kegiatan Monev ini memiliki tujuan yang sangat mendasar dan dalam proses Monitoring dan Evaluasi PTS yang akan dilaksanakan sangatlah transparan. Hal ini dikarenakan pelaporannya menyesuaikan Intrumen Kinerja Utama (IKU) yang berjumlah 8 kriteria yang sebelumnya telah disampaikan LLDIKTI Wilayah XIV kepada masing – masing PTS di Lingkungan Wilayah XIV Papua dan Papua Barat. Adapun ke – 8 (delapan) kriteria IKU, diantaranya: 1) IKU 1: Mahasiswa mendapatkan pekerjaan yang layak, 2) IKU 2: Mahasiswa mendapatkan pengalaman diluar kampus, 3) IKU 3: Dosen Berkegiatan di Luar Kampus, 4) IKU 4: Praktisi Mengajar di Dalam Kampus, 5) IKU 5: Hasil Kerja Dosen Digunakan oleh Masyarakat atau mendapatkan Rekognisi Internasional, 6) IKU 6: Program Studi dalam Bekerja Sama dengan Mitra Kelas Dunia, 7) IKU 7: Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif, 8) IKU 8:  Program Studi Berstandar Internasional.

Pada pelaporan Tracer Study yang disampaikan oleh Kepala LPPK pada pencapaian IKU 1 – Lulusan Mendapatkan Pekerjaan yang Layak, mendapatkan tanggapan yang positif dari Tim Monev, bahkan Ketua Tim Monev mengapresiasi kelengkapan pelaporan Tracer Studi yang telah dilaksanakan di Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena. Demikian pula pada pelaporan – pelaporan selanjutnya yang disampaikan oleh masing – masing Dekan Fakultas, dimulai dari Ibu Dekan Fisip, Ibu Dekan FEB dan Bapak Dekan FST kepada Tim Monev PTS LLDIKTI Wilayah XIV, Ketua Tim menyampaikan bahwa pelaporan yang disampaikan dinilai baik sekali dan mendapatkan banyak masukan yang dapat dilaporkan kepada LLDIKTI Wilayah XIV di Biak nantinya, terutama terkait pada pelaporan IKU 8: Program Studi Berstandar Internasional, dimana ketiga Fakultas belum dapat memenuhinya dikarena adanya keterbatasan – keterbatasan yang ada, dan diharapkan LLDIKTI Wilayah XIV dapat membantu PTS – PTS di Wamena pada umumnya dan Una’im Yapis Wamena khususnya dalam mewujudkan pelaksanaan IKU untuk kriteria 8 kedapannya. Dan sebagai feedback penutup, Ketua Tim Monev PTS menyampaikan terkait pelaporan BKD dan LKD Dosen Una’im Yapis Wamena agar lebih ditingkatkan lagi.
Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) LLDIKTI di Lingkungan Wilayah XIV Papua dan Papua Barat untuk Wamena pada Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena ini ditutup dengan penandatangan berita acara, foto bersama dan penyerahan cinderamata dari LLDIKTI Wilayah XIV kepada Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena. (SI)

Post Terbaru