Pembekalan Mahasiswa PKL/KKL Fakultas Sains dan Teknologi UNA’IM Yapis Wamena: Membangun Integritas, Moralitas, dan Kapabilitas

By humas unaim  /  , , ,   /  view : 205

a
UNA’IM Yapis Wamena – Pembekalan Mahasiswa PKL/KKL Fakultas Sains dan Teknologi UNA’IM Yapis Wamena digelar di Gedung Aula Pascasarjana Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena dan dibuka langsung oleh Wakil Rektor III, Dr. Tiomy B. Adi, SE., M.Si. sebagai representatif Rektor, beliau menyampaikan pesan-pesan penting yang ditekankan oleh pimpinan universitas. (21/5)
 
Dalam sambutannya, Dr. Tiomy B. Adi, SE., M.Si., menjelaskan bahwa PKL/KKL bukan hanya sekadar kegiatan lapangan, melainkan juga proses pembelajaran yang berharga. Tiga hal utama yang perlu dipegang teguh oleh mahasiswa selama mengikuti PKL/KKL adalah integritas, moralitas, dan kapabilitas. Integritas diwujudkan dengan bertindak konsisten sesuai dengan nilai-nilai yang dianut, sementara moralitas membedakan antara benar dan salah dalam perilaku. Kapabilitas, di sisi lain, adalah kombinasi perilaku, keterampilan, proses, dan pengetahuan yang memengaruhi hasil.
 
Dr. Tiomy B. Adi, SE., M.Si. Wakil Rektor III UNA’IM Yapis Wamena

 

Lebih lanjut, Dr. Tiomy B. Adi, SE., M.Si., menyampaikan serangkaian harapan dan doa bagi mahasiswa selama menjalani PKL/KKL. Diantaranya adalah doa untuk kesehatan, keberhasilan kerjasama, peningkatan kepercayaan masyarakat, perlindungan dari Tuhan, serta manfaat yang dapat diperoleh dari pembekalan dan diklat PKL/KKL.
 
Tema yang diangkat untuk PKL/KKL kali ini adalah “Meretas Jalan Menuju Pembangunan Berkelanjutan”, yang sesuai dengan semangat untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat. Dengan jumlah peserta sebanyak 45 mahasiswa dari berbagai program studi, yang akan ditempatkan di 12 instansi berbeda, harapannya adalah agar mahasiswa dapat menjadi agen perubahan yang mampu merespons dan beradaptasi dengan tuntutan pembangunan yang berkelanjutan.
 
Sistem pembekalan yang diusung pada PKL/KKL kali ini berbeda dengan sebelumnya, dengan durasi selama 2 hari yang dilengkapi dengan 5 materi inti. Mulai dari pengelolaan sumber daya alam hingga budaya kerja, mahasiswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang relevan untuk menghadapi tantangan di lapangan.
 
Siti Latifa Wulandari, S.Si., M.Si. Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UNA’IM Yapis Wamena

 

Sebagai penutup yang membanggakan, acara pembekalan mahasiswa PKL/KKL Fakultas Sains dan Teknologi UNA’IM Yapis Wamena ditutup dengan penuh semangat oleh Dekan Fakultas, Siti Latifa Wulandari, S.Si., M.Si. Beliau menegaskan pentingnya mahasiswa menjalani setiap tahap PKL/KKL dengan penuh dedikasi dan tanggung jawab, serta memanfaatkan ilmu dan keterampilan yang telah diperoleh untuk memberikan kontribusi yang nyata dalam pembangunan masyarakat. Semangat yang tertanam dalam setiap mahasiswa diharapkan akan menjadi motor penggerak bagi terwujudnya perubahan positif dan berkelanjutan di lingkungan sekitar. Dengan demikian, UNA’IM Yapis Wamena mengirimkan para mahasiswa PKL/KKL mereka dengan harapan dan keyakinan yang kuat akan masa depan cerah yang menanti mereka dalam mengabdi bagi bangsa dan negara.

 

Pembekalan ini diharapkan dapat memberikan landasan yang kuat bagi mahasiswa UNA’IM untuk menjalani PKL/KKL dengan baik, serta memberikan kontribusi yang berarti bagi pembangunan dan kemajuan masyarakat di sekitar mereka. Semangat untuk mengutamakan integritas, moralitas, dan kapabilitas diharapkan dapat menjadi panduan utama dalam setiap langkah yang mereka ambil selama mengabdi dalam PKL/KKL.*

 

 
*Biro Kerjasama dan Humas UNA’IM Yapis Wamena

Ayu Anggraini Tambunan, S.IP., M.Si.

Ahmad, S.IP., M.Si.

Post Terbaru