Lokakarya Penyelarasan Kurikulum Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota UNA’IM Yapis Wamena

By humas unaim  /  , , , ,   /  view : 7

WhatsApp Image 2024-03-04 at 18.27.33
UNA’IM Yapis Wamena – Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena menyelenggarakan lokakarya penting yang bertujuan untuk menyelaraskan kurikulum Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Pengelolaan Sumber Daya Lahan, dan Agronomi. Kegiatan ini merupakan langkah strategis dalam memastikan bahwa kurikulum yang disusun dapat memenuhi kebutuhan dunia kerja serta mempersiapkan mahasiswa untuk menghadapi tantangan yang ada di masa depan. Lokakarya ini dibuka oleh Rektor UNA’IM Dr. H. Rudihartono Ismail, M.Pd., CRA., CRP, yang memberikan sambutan inspiratif kepada para peserta dan tamu undangan. (4/3)
 
Dalam sambutannya, Rektor UNA’IM Yapis Wamena Dr. H. Rudihartono Ismail, M.Pd., CRA., CRP, menyatakan, “Lokakarya ini merupakan langkah yang sangat penting dalam memastikan bahwa kurikulum yang kami sediakan di Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Pengelolaan Sumber Daya Lahan, dan Agronomi UNA’IM Yapis Wamena relevan dengan kebutuhan dunia kerja saat ini dan masa depan. Kami berharap melalui kerjasama antara akademisi, praktisi, dan pemerintah, kami dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas dan siap untuk berkontribusi dalam pembangunan wilayah dan kota yang berkelanjutan.”
 

 

Selanjutnya, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi UNA’IM, Siti Latifa Wulandari, S.Si., M.Si., menyampaikan sambutan kepada tamu undangan dan peserta lokakarya. “Kami sangat berterima kasih atas partisipasi aktif semua pihak dalam lokakarya ini. Dengan kolaborasi yang kuat antara lembaga pendidikan, pemerintah, dan praktisi, kami yakin dapat menghasilkan kurikulum yang sesuai dengan tuntutan zaman dan dapat menghasilkan lulusan yang kompeten dan siap bersaing di dunia kerja.” ujarnya.
 

 

Acara ini melibatkan berbagai pihak, termasuk akademisi dari UNA’IM Yapis Wamena, Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI), Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Pakuan, Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia Korwil Maluku-Papua, dan berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dari Kabupaten Jayawijaya.
 
Pada hari pertama, Kaprodi Perencanaan Wilayah dan Kota UNA’IM Yapis Wamena, Hardiyanti YM, S.Si., M.Ling., memaparkan kurikulum dan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). Diskusi dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) tentang potensi dan kebutuhan dunia kerja terhadap lulusan, melibatkan perwakilan dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Kepegawaian Daerah, serta Dinas Perumahan dan Permukiman.
 
Ketua ASPI, Adiwan Fahlan Aritenang, ST., MGIT., Ph.D. menyampaikan materi lokakarya

 

Pada hari kedua, FGD dilakukan dengan melibatkan Ketua ASPI, Adiwan Fahlan Aritenang, ST., MGIT., Ph.D., Dosen dari Institut Teknologi Kalimantan, Dr. Eng. Ir. Arief Hidayat, S.T., M.S.P., Kaprodi PWK Universitas Pakuan Bogor, Ketua Korwil ASPI Maluku dan Papua, serta Konsultan Ir. Fajrul Hidayat Abbas, S.T., M.S.P. Diskusi ini dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting, memfasilitasi partisipasi para narasumber dari berbagai lokasi.
 

 

Kegiatan tersebut bertujuan untuk merumuskan hasil lokakarya seperti capaian pembelajaran, profil lulusan, dan kurikulum yang akan menjadi landasan bagi penyusunan program pembelajaran yang lebih berkualitas dan relevan dengan tuntutan zaman.
 
Lokakarya ini menegaskan komitmen UNA’IM Yapis Wamena dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di bidang perencanaan wilayah dan kota, serta memastikan bahwa lulusan dari Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pembangunan wilayah dan kota yang berkelanjutan di Indonesia, khususnya di wilayah Papua.()*
 
 
Biro Kerjasama dan Humas UNA’IM Yapis Wamena

Ayu Anggraini Tambunan, S.IP., M.Si.

Ahmad, S.IP., M.IP.

Post Terbaru