SELAMAT DATANG DI KAMPUS UNIVERSITAS AMAL ILMIAH YAPIS WAMENA   Rapat Kerja Universitas Amal Ilmiah (Una`Im) Yapis Wamena Tahun 2022 “Membangun Etos Kerja Menuju Perguruan Tinggi Yang Bermutu, Mandiri, Dan Bermartabat”   Tips & Trik Dalam Pengisian Borang Akreditasi Program Studi (Aps) 4.0 Dan Ipepa Universitas Amal Ilmiah (Una`Im) Yapis Wamena   Benchmarking dan Kunjungan Kerja Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena ke Universitas Yapis Papua (UNIYAP)   Musyawarah Pusat XI Yapis Di Tanah Papua Tahun 2022 Tema: “Moderasi Yapis Di Tanah Papua Mewujudkan Rahmatan Lil Alamin” Di Jayapura   Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi Melalui Kerja Sama DUDI di Lingkungan Lembaga Pelayanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIV Tahun 2022   Sosialisasi Akreditasi Program Studi diselenggarakan oleh LLDikti Wilayah XIV Papua-Papua Barat   Pertemuan Pimpinan Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena dengan Pimpinan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Jayawijaya   Uluran Kasih Tim Solidaritas Peduli Kemanusiaan Jayawijaya   Pembekalan Mahasiswa Peserta Kampus Mengajar Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena   Acara Pra-Rapat Kerja Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena Tahun Anggaran 2022   Kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa – Tingkat Dasar Angkatan Ke – V Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena   Penandatangan MoU Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena dengan Universitas Sawerigading Makassar

Kegiatan Pelepasan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan III Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena

IMG_2091

Kampus Mengajar merupakan bagian dari Program Kampus Merdeka, Merdeka Belajar yang memiliki tujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam belajar dan mengembangkan diri melalui akrivitas di luar kelas perkuliahan dengan membantu guru dan kepala sekolah level SD dan SMP dalam kegiatan pembelajaran yang berdampak pandemi. Terkait hal ini, Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena turut serta dalam Program Kampus Mengajar ini dengan mendaftarkan ke 23 mahasiswanya pada pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan III. Dari hasil seleksi Kampus Mengajar Angkatan III yang dilakukan secara online pada tingkat nasional ini, terdapat 4 mahasiswa Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena yang lolos dalam seleksi Kampus Mengajar Angkatan III kali ini. Adapun keempat mahasiswa Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena tersebut diantaranya adalah Iljar; Syairah Marses; Natalia Logo; dan Armina Doga. Oleh karenanya, Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena melaksanakan kegiatan Pelepasan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan III pada hari Rabu, 23 Maret 2022 bertempat Ruang Rektorat Lantai 2 Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena pada pukul. 15.00.

Kegiatan Pelepasan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan III Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena ini dipimpin oleh Bapak Wakil Rektor III, Tiomy Butsianto, S.E., M.Si dan didampimpingi langsung oleh Ibu Wakil Rektor II, Nur Aini, S.Sos., MAP; Para Dekan Fakultas dan Wakil Dekan; Ka Prodi Administrasi Publik; dan Biro Kemahasiswaan serta 4 mahasiswa Kampus Mengajar Angatan III Universitas Amal Ilmiah (Una`Im) Yapis Wamena. Dalam rundown acara ini, keempat mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan III diberikan kesempatan pertama untuk membagikan suka dukanya dari semua prosesi yang telah mereka lalui, dimulai dari pendaftaran hingga mereka dapat lulus seleksi Kampus Mengajar Angkatan III. Acara selanjutnya merupakan sambutan – sambutan yang disampaikan oleh Ibu Wakil Rektor II, lalu Ibu Dekan Fisip, dan Bapak Wakil Rektor III. Dalam acara ini, ditutup dengan sesi pelepasan secara simbolik oleh Wakil Rektor III kepada keempat mahasiswa Kampus Mengajar Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena dan sesi foto bersama.

Pada sesi sharing, Iljar yang mewakili keempat temannya mencurahkan, “awal pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan III ini kami mendapatkan beberapa kendala terkait persyaratan Kampus Mengajar yang beberapa kali terdapat pembaharuan, hari ini sudah ada persyaratan maka besok akan ada persyaratan baru lagi namun kami selalu berusaha untuk melengkapi semua persyaratannya. Lalu masuk pada saat test Literasi dan Narasi ini kami terkendala dengan jaringan, hingga ketika kami berhasil masuk, waktu yang tersisa hanya tinggal 10 menit untuk menjawab 30 pertanyaan. Selesai dari test itu, sebenarnya pada saat itu kami sempat pessimis dan berpasrah diri akan hasilnya. Namun Alhamdulillah pada saat pengumuman, tanggal 17 Januari 2022, kami mendapatkan email dan dinyatakan lulus seleksi Literasi dan Narasi. Lalu pada saat pembekalan, kami terkendala di jaringan juga, oleh karenanya kami selalu memutar ulang kembali pembakalan – pembekalan yang telah diberikan melalui Zoom agar tidak tertinggal dari yang lain. Kami sangat berterimakasih kepada pihak Kampus dan semua pihak telah banyak membantu dan menfasilitasi kami hingga sampai tahap ini.”

Dalam kesempatan ini, Ibu Wakil Rektor II, Ibu Nur Aini, S.Sos., MAP memberikan sambutannya, “Dari apa yang disampaikan adik – adik kita tadi bisa saya simpulkan bahwa lika – liku nya banyak dalam mengikuti MBKM tersebut khususnya dalam konteks Kampus Merdeka ini. Namun sebenarnya ini merupakan seni dari seorang mahasiswa untuk menunjukan prestasinya dan berusaha untuk menggali potensi dirinya masing – masing, serta tunjukkan bahwa kalian mahasiswa UNA`IM yang mampu bersaing diluar sana. Dengan adanya lulusnya 4 mahasiswa ini, kami dari Lembaga merasa bangga, ternyata mahasiswa kita bisa bersaing dengan mahasiswa diluar sana baik di dalam Papua maupun diluar Papua karena ini sifatnya nasional. Jadi jangan berkecil hati dengan sarana yang terbatas, karena masih banyak mahasiswa diluar sana yang ingin mencapai apa yang kalian capai namun mereka belum dapat mencapainya, namun kalian berhasil. Oleh karenanya, Ibu sangat memberikan aprresiasi kepada kalian berempat. Dan Ibu mewakili Bapak Rektor mengucapkan Terimakasih kepada kalian yang telah berhasil membawa nama baik Kampus kita. Dan sebagai pesan dari kami, agar kalian dapat beradaptasi dengan lingkungannya, pandai membawa diri, dan ikuti semua aturan ditempat tugas yang dituju. Serta supaya melakukan koordinasi apabila ada yang perlu untuk dikoordinasikan dengan kami karena kami pasti menunggu informasi tentang kegiatan yang adik – adik lakukan disana nanti. Ibu harapkan adik – adik betah selama 5 bulan disana dan dapat menjalankan semua tugas yang diberikan dengan baik”.

Sambutan kedua diberikan oleh Ibu Dekan Fisip, Ibu Dra. Telly Nancy Silooy, M.Si “Ibu menyampaikan selamat kepada kalian keempat mahasiswa yang telah berhasil dalam Kampus Mengajar ini, yang kebetulan kesemuanya ini dari mahasiswa Fisip, dimana disaat yang lain telah menyerah namun kalian bisa lolos, ini berarti kalian adalah yang terbaik dari yang baik. Hal ini nantinya akan menjadi tanggung jawab anda karena ini berarti anda sebagai perwakilan teman – teman anda di kancah nasional, dan kalian supaya bersyukur, kalian masih ditempatkan di wilayah Papua, tidak jauh – jauh diluar sana. Dalam hal ini, persiapan mental adalah yang paling utama. Kalian harus mempunyai mental yang kuat, tunjukan dengan gagah berani dan beri senyuman disana nanti. Kalian harus percaya diri walaupun mungkin ini pertama kali kalian keluar. Bersikaplah yang baik karena kalian merepresentasikan nama Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena, inilah Fisip. Ini bisa jadi Langkah awal bagi kalian dimasa yang akan datang nanti. Semua yang kalian hadapi adalah proses pembelajaran, bagaimana kita dapat mencari jalan keluar dan menang dalam segala keadaan demi keberhasilan dimasa depan kalian. Tolong penampilan juga kalian diperhatikan, kalian diforum resmi maka berpenampilanlah yang resmi. Dalam mengajar pun tolong persiapkan diri untuk materinya, jangan sampai salah mengajar. Tunjukan performa terbaik kalian”.

Sambutan terakhir disampaikan oleh Bapak Rektor III, Bapak Tiomy Butsianto Adi, SE., M.Si menyampaikan, “Saya sangat bersyukur karena dari 23 mahasiswa yang berkompetensi akhirnya kita punya perwakilan atau duta dengan adanya 4 mahasiswa Kampus Mengajar ini. Di luar sana, ada 1 mahasiswanya yang berhasil menjadi duta Kampus Mengajar saja sudah sangat bangga, ini kita memiliki 4 mahasiswa yang mengabdikan jiwa raganya untuk tanah air. Dengan segala keterbatasan yang kita miliki disini, kita membuktikan kita pun bisa seperti mereka yang ada segalanya. Pesan saya untuk adik – adik, ketika disana nanti kalian itu tidaklah menggantikan peran guru disana tapi kalian berkolaborasi, jadi bagaimana kalian terjun langsung ke sekolah – sekolah, berlatih pada pedagogi – pedagogi, dan bagaimana aktifitas guru itu. Tujuan kolaborasi tersebut adalah untuk perbaikan sekolah yang ditempati tugas nantinya. Dan selama 5 bulan disana tidaklah terasa lama apabila kita memiliki aktivitas yang padat yang bermanfaat disana. Dengan segala keterbatasan ada disana, kita adalah sebagai agen perubahan, jangan mengeluh dengan keadaan dan tetap tegak. Kalian hadir itu sebagai bagian dari solusi bukan bagian dari permasalahan yang ada di sekolah yang ditempati nanti. Kalian supaya jangan lelalh belajar dan jangan malu bertanya. Jangan lupa untuk menunjukan jati diri kalian sebagai civitas akademika Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena. Jadikan semua bukan sebagai beban namun sebagai tantangan yang untuk bisa merubah paradigma tentang bagaimana aktualisasi itu sendiri”.  

Pelepasan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan III Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena dilanjutkan dengan mengantar keempat mahasiswa Kampus Mengajar ke Bandara Wamena dikeesolan harinya pada hari Kamis, 24 Maret 2022, pukul 11.30 WIT. Pada kegiatan ini dipimpin kembali oleh Bapak Wakil Rektor III dan Ka Biro Kemahasiswaan. Keempat mahasiswa yang berangkat didampingi langsung oleh Ibu Wakil Dekan Fisip, Ibu Siti Khikmatul, S.Ip., M.Ip dalam perjalanannya ke Marauke dan Biak. Hal ini dikarenakan penempatan keempat mahasiswa Kampus Mengajar Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena ini terbagi ke dua tempat yaitu Marauke dan Biak. Dengan perincian diantaranya, Iljar mendapat penempatan di SD YPK URFU di biak; Syairah Marses mendapat penempatan SD YPPK Yanggandur di Merauke; Natalia Logo mendapat penempatan SD YPPK Yanggandur di Merauke; dan Armina Doga mendapat penempatan SD YPPK Yanggandur di Merauke. (SI)

Agenda Kegiatan

Penandatanganan Nota Kesepahaman Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena Dengan Universitas Islam Bandung (UNISBA) Tingkatkan Jalinan Silaturahmi Antar Sesama Universitas Islam Di Indonesia Terutama Dalam Program MBKN

Silaturahmi dan Buka Puasa Bersama Civitas Akademika Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena Bersama Yayasan Pendidikan Islam di Tanah Papua Cabang Kabupaten Jayawijaya dengan Tema, “Memantapkan Ibadah Untuk Meningkatkan Iman dan Taqwa di Bulan Suci Ramadhan”

KKN Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena Angkatan XXIII TA. 2021/2022 dengan Tema: “Inovasi Kewirausahaan”

Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`An (MTQ) XXIX Tingkat Kebupaten Jayawijaya Tahun 2022 Tema: Melalui MTQ Kita Mantapkan Pemahaman Dan Pengamatan Nilai – Nilai Al Qur`An Untuk Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama Menuju Masyarakat Yang Maju, Mandiri Dan Religius

Bimbingan Teknis Mekanisme Pengisian Instrumen Surveilen Akreditasi Regional 2 Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset Dan Teknologi Tahun 2022 Di Jakarta

Kegiatan Pelepasan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan III Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena

Kegiatan Pembukaan UNA`IM Cup Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena Tahun 2022 Tema: Membangun Solidaritas Berjiwa Sportifitas – Futsal Competition

Kegiatan Raker Pimpinan PTS Dan Pimpinan Yayasan Di Lingkungan LLDIKTI Wilayah XIV Papua Dan Papua Barat Tahun 2022 Tema “Melalui Merdeka Belajar, Kampus Merdeka Di Tanah Papua Kita Ciptakan SDM Unggul Dari Ufuk Timur Indonesia”

Tips & Trik Dalam Pengisian Borang Akreditasi Program Studi (Aps) 4.0 Dan Ipepa Universitas Amal Ilmiah (Una`Im) Yapis Wamena

Benchmarking dan Kunjungan Kerja Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena ke Universitas Yapis Papua (UNIYAP)