SELAMAT DATANG DI KAMPUS UNIVERSITAS AMAL ILMIAH YAPIS WAMENA   Rapat Kerja Universitas Amal Ilmiah (Una`Im) Yapis Wamena Tahun 2022 “Membangun Etos Kerja Menuju Perguruan Tinggi Yang Bermutu, Mandiri, Dan Bermartabat”   Tips & Trik Dalam Pengisian Borang Akreditasi Program Studi (Aps) 4.0 Dan Ipepa Universitas Amal Ilmiah (Una`Im) Yapis Wamena   Benchmarking dan Kunjungan Kerja Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena ke Universitas Yapis Papua (UNIYAP)   Musyawarah Pusat XI Yapis Di Tanah Papua Tahun 2022 Tema: “Moderasi Yapis Di Tanah Papua Mewujudkan Rahmatan Lil Alamin” Di Jayapura   Workshop Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi Melalui Kerja Sama DUDI di Lingkungan Lembaga Pelayanan Pendidikan Tinggi Wilayah XIV Tahun 2022   Sosialisasi Akreditasi Program Studi diselenggarakan oleh LLDikti Wilayah XIV Papua-Papua Barat   Pertemuan Pimpinan Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena dengan Pimpinan Dinas Pendidikan dan Pengajaran Kabupaten Jayawijaya   Uluran Kasih Tim Solidaritas Peduli Kemanusiaan Jayawijaya   Pembekalan Mahasiswa Peserta Kampus Mengajar Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena   Acara Pra-Rapat Kerja Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena Tahun Anggaran 2022   Kegiatan Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa – Tingkat Dasar Angkatan Ke – V Tahun Akademik 2021/2022 Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena   Penandatangan MoU Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena dengan Universitas Sawerigading Makassar   Penerimaan Penghargaan Rating Number 1 University Best Quality Award 2022 “Best University with Excellent Lecturing Program” Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena Di Bandung   Kaprodi Administrasi Bisnis Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena hadiri Kongres Nasional Asosiasi Ilmu Administrasi Bisnis Indonesia (AIABI) Tahun 2022 Fakultas Ilmu Administrasi – Universitas Brawijaya, Malang   KEGIATAN KORDINASI DI JAVA VILLAGE RESORT YOGYAKARTA   Rektor Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena Hadiri Upacara Pembukaan Pembinaan dan Pelaksanaan serta Palatihan/Training of Trainers (ToT) Pemantapan Nilai – Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Angkatan II Tahun 2022   Rektor Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena Hadiri Rembuk National dan Rapat Pengurus Pusat PLENO (RPPP) ke – 1 APTISI (Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia) di Bali Nusa Dua Convention Center

Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`An (MTQ) XXIX Tingkat Kebupaten Jayawijaya Tahun 2022 Tema: Melalui MTQ Kita Mantapkan Pemahaman Dan Pengamatan Nilai – Nilai Al Qur`An Untuk Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama Menuju Masyarakat Yang Maju, Mandiri Dan Religius

1

Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) yang menurut sejarah Islam di Indonesia telah ada sejak 1940 – an merupakan salah satu festival keagamaan Islam Indonesia yang memiliki tujuan untuk mengagungkan Al Qur`an dengan mengadakan perlombaan mengaji Al – Qur`an dengan menggunakan Qira`at. Sejalan dengan hal itu, Lembaga Pengembangan Tilawati Qur`an (LPTQ) Kebupaten Jayawijaya menyelenggarakan Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jayawijaya Tahun 2022 dengan tema: Melalui MTQ Kita Mantabkan Pemahaman dan Pengamatan Nilai – Nilai Al Qur`an untuk Meningkatkan Kerukunan Umat Beragama Menuju Masyarakat yang Maju, Mandiri dan Religius. Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jayawijaya Tahun 2022 ini diselenggarakan selama 3 hari dimulai pada hari Jum`at – Minggu, 25 – 27 Maret 2022 yang bertempat di Masjid Baiturrahman, Wamena.

Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jayawijaya Tahun 2022 diawali dan dibuka dengan pembacaan Kalam Ilahi oleh Ust. Hasan Basri, S.Sos dan dilajutkan acara Pelantikan Dewan Hakim pada hari Jum’at, 25 Maret 2022 pukul 13.30 WIT. Dalam acara ini diisi dengan Pembacaan Surat Keputusan dari Dewan Hakim oleh Sekretaris LPTQ Kab. Jayawijaya: Bapak H. Eko Haryanto, SE., MM dan dilanjutkan dengan acara inti, Pelantikan Dewan Hakim yaitu, 1) Pembacaan Baiat oleh Ketua LPTQ Kab. Jayawijaya, dan 2) Kata – Kata Pelantikan oleh Ketua LPTQ: Drs. Tinggal Wusono, M.AP. Acara dilanjutkan dengan sambutan Ketua LPTQ Kab. Jayawijaya, Bapak Drs. Tinggal Wusono, M.AP dan ditutup dengan Doa oleh Ketua KUA Kab. Jayawijaya: Bapak H. Adnan Yelipele, S.HI., M.HK.

Memasuki hari kedua, hari Sabtu, 26 Maret 2022 yang dimulai pada pukul 08.00 WIT menjadi acara Pembukaan dari Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jayawijaya Tahun 2022. Dalam acara ini diawali dengan Selingan Hiburan diantaranya, BKMT Kab. Jayawijaya dan TPQ Nurul Hidayat. Sebelum memasuki acara inti, acara dilanjutkan dengan pembacaan Kalam Ilahi oleh USt. Hasan Basri, S.Sos dan Lagu Indonesia Raya & Mars MTQ oleh Paduan Suara Universitas Amal Ilmiah (UNA`IM) Yapis Wamena. Memasuki acara inti, berupa Laporan Ketua Panitia Kegiatan MTQ Ke – XXIX TK. Kab. Jayawijaya oleh Bapak Rustam Haji, SE., M.Si, yang dilanjutkan dengan acara Sambutan Ketua LPTQ Kab. Jayawijaya oleh Bapak Drs. Tinggal Wusono, M.AP dan sambutan Bapak Bupati Kab. Jayawijaya, Bapak John Richard Banua, S.H., M.Si sekaligus membuka Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jayawijaya Tahun 2022. Dalam Kegiatan pembukaan ini dihadiri oleh Bapak Bupati dan Wakil Bupati Kab. Jayawijaya, Ketua DPRD Kab. Jayawijaya, Anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kab. Jayawijaya, para Pimpinan OPD di Lingkungan Pemerintah Kab. Jayawijaya, para Pemimpin Instansi Vertikal, BUMN, dan BUMD se – Kab. Jayawijaya, Ketua MUI Kab. Jayawijaya, para Ketua Organisasi Islam Kab. Jayawijaya, serta seluruh Peserta dan Tamu Undangan Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jayawijaya Tahun 2022.

Dalam sambutannya, Bapak John Richard Banua, S.H., M.Si menyampaikan bahwa, “Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jayawijaya Tahun 2022 ini merupakan langkah kongrit dalam mewujudkan umat Islam di Kabupaten Jayawijaya yang lebih religious serta menunjang Qori’ dan Qori’ah agar menjadi duta Kebupaten Jayawijaya dalam rangka mengikuti MTQ ke – 29 Tingkat Kabupaten Jayawijaya Propinsi Papua yang akan dilaksanakan pada akhir Mei 2022 atau awal Juni tahun 2022”. Penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat dari kita bersama untuk memasyarakatkan Al – Qur`an dan menegakkan Syari`at Islam, untuk memperkokoh nilai – nilai agama Islam dalam sendi – sendi kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara.  Karena bagi kaum Muslimin, Al – Qur`an merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang actual sepanjang masa, yang berisi nilai – nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif, dan mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan. Dalam hal ini, seluruh umat Islam di Kabupaten Jayawijaya patut meneladeni pribadi Nabi Muhammad SAW, dimana kepribadian serta kemuliaan Beliau bersumber dari Al – Qur`an, yang menebarkan kasih sayang dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang bisa menyakiti sesama”.

Bapak Bupati juga menambahkan bahwa, “Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jayawijaya Tahun 2022 ini akan tampil Qori`/Qori`ah, Hadidz/Hafidzoh dan Musafir/Musafirah terbaik yang dimiliki Kebupaten Jayawijaya. Generasi Muda yang siap berlomba meraih prestasi, berkompetisi secara sehat dalam membangun kualitas sumber daya umat yang unggul, kompetitif dan berkarakter Islam sebagaimana akhlaq Rosululloh. Dengan demikian MTQ tidak semata – mata hanya merupakan wahana untuk berlatih dan berlomba membaca Al – Qur`an saja namun lebih dari itu, MTQ merupakan jalan untuk mengedukasi umat untuk semakin mencintai dan membumikan Al Qur`an, meningkatkan kesadaran beragama yang lebih humanis dan terbuka, serta yang sangat penting adalah salah satu dakwah untuk menyempurnakan akhlaq kaum Muslimin. Saya yakin dengan pemahaman keIslaman yang semakin baik, bukan hanya memperkuat jati diri seorang muslim dan Muslimah tetapi juga akan memperkokoh semangat Ukhuwah seperti yang diajarkan Rosulullah, baik Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Watonia, maupun Ukhuwah Insaniah”.

Berdasarkan Keputusan Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jayawijaya membagi perlombaan menjadi 6 Cabang dan beberapa Golongan Perlombaan, yaitu: A) Cabang Tilawah, yaitu: 1) Golongan Tartil Qur`a (Juara 1 Putra: Muhammad Daffa Ramadhan dan Juara 1 Putri: Zhafira Zahrah Madani); 2) Golongan Tilawah Anak (Juara 1 Putra: Muh. Ibnu Aqil Syamsul Bahri dan Juara 1 Putri Ayyatul Husna); 3) Golongan Tilawah Remaja (Juara 1 Putra: Yusrillah dan Juara 1 Putri: Ilmiyah Syamsul Bahri); 4) Golongan Tilawah Dewasa (Juara 1 Putra: Muhammad Baharudin Ali, S.Pdi dan Juara 1 Putri: Hasniah); B) Cabang Hifzil Qur`an dengan 2 Golongan, yaitu: 1) Golongan 1 Juzdan Tilawah (Juara 1 Hafizh: Ahmad Nawawir dan Juara 1 Hafizha: Oriza Satifa Wametri); 2) Golongan 5 Juzdan Tilawah (Juara 1 Hafizh: Muhammad Fadhil Ridwan dan Hafizha: Nur Rahma HK); C) Cabang Fahmil Qur`an (Juara 1 Putra: Bayu Prasetio, DKK dan Juara 1 Putri: Siti Umairoh Ulul Azmi, DKK); D) Cabang Syahril Qur`an (Juara 1 Putra: Bagus Budi Prasitio, DKK dan Rizqi Andriani, DKK); E) Cabang Seni Kaligrafi Islam (Juara 1 Putra: Ahmad Sutargib); F) Cabang Karya Tulis Ilmiah Al Qur`an (KTIQ) (Juara 1 Putra: Nurdian Fatahillah dan Juara 1 Putri: Ulya Nuriyah Wijayanti).

Pada hari ketiga Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jayawijaya Tahun 2022, menjadi acara Penutupan Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jayawijaya Tahun 2022 dan diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur`an oleh Pemenang Tilawati. Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Surat Keputusan Dewan Hakim oleh Sekretaris LPTQ Kab. Jayawijaya: Bapak H. Eko Haryanto, SE., MM yang dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia MTQ Ke – XXIX TK. Kab. Jayawijaya oleh Bapak Rustam Haji, SE., M.Si. Adapun acara berikutnya adalah sambutan Ketua LPTQ Kab. Jayawijaya oleh Bapak Drs. Tinggal Wusono, M.AP dan sambutan Bupati Kab. Jayawijaya, Bapak John Richard Banua, S.H., M.Si sekaligus menutup Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jayawijaya Tahun 2022. Mengakhiri Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Jayawijaya Tahun 2022, ditutup dengan Lagu Padamu Negeri dan Lagu Tanah Papua oleh Paduan Suara Universitas Amal Ilmiah (UNA` IM) Yapis Wamena & Audience dan Doa penutup oleh Ketua MUI Kab. Jayawijaya, Bapak KH. Ahmad Sholehuddin serta penyerahan hadiah dan foto bersama oleh tamu undangan. (SI)

Agenda Kegiatan

5 Mahasiswa Universitas Amal Ilmiah Yapis Wamena Kembali Setelah Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Tahun 2023

Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) Indikator Kinerja Utama(IKU) Perguruan Tinggi oleh LLDIKTI XIV Papua & Papua Barat Universitas Amal Ilmiah(UNA’IM) Yapis Wamena

Program Kampus Mengajar Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena

Pelepasan Mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) Program Studi Manajemen Retail Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena

BEM UNAIM Yapis Wamena Gelar LKMM-TD

Persiapan Seminar Internasional, UNAIM Yapis Wamena-STIA Abdul Haris, mengundang beberapa Universitas di Turki

Una’im Yapis Wamena tandatangani MoU dengan Unkris Jakarta

Universitas Amal Ilmiah (UNA’IM) Yapis Wamena menerima bantuan program Fasilitas Penunjang Riset dibidang Inovasi Pembelajaran Tahun 2022, “Smart Class Room”. 

Rektor hadiri Kegiatan Penyampaian Laporan Pertanggungjawaban Kepala SMP Nurul Haq Yapis Wamena Masa Jabatan 2016 – 2022 dan Serah Terima Jabatan Pelaksana Harian Kepala SMP Nurul Haq Yapis Wamena

Staff IT Uni’im Yapis Wamena ikuti Pelatihan Mikrotik di Yogyakarta